Rabu, 11 Juli 2018

Ramadhan dan Lebaran


Ramadhan telah usai dan lebaran pun sudah berlalu, rasanya ingin sekali semua bulan adalah bulan ramadhan. Penuh berkah berlimpah pahala. Realitanya sekarang adalah kita berdoa agar diberi umur panjang untuk bertemu dengan ramadhan lagi tahun depan. Amiin. Ramadhan sudah, lebaran? Oke aku lupa harusnya aku mengucapkan
Mohon maaf lahir dan batin untuk para pembaca yang budiman mungkin ada tulisan aku yang menyinggung, aku minta maaf atau tulisanku jelek, yaudahlah yaa hehe.

Bagaimana pengalaman ramadhan kalian? 

Ramadhan-ku banyak banget memberikanku pelajaran dan pengalaman baru. Aku mulai dulu dari pengalamanku ya. Ramadhan tahun ini memberikan pengalaman dan sensasi baru yaitu bisa shalat di Masjid Agung Surabaya. Karena percaya atau tidak itu adalah pertama kalinya aku bisa datang melihat langsung masjid megah kebanggaan kota surabaya. Sudah 3 tahun lebih tinggal di Surabaya tapi baru bisa menjejakkan kaki di masjid agung surabaya yang megah, indah, dan bisa melaksanakan i'tikaf serta shalat malam disana. Rasanya bahagia juga bisa bertemu dengan banyak sekali umat islam yang datang dari kota surabaya sendiri atau mungkin juga sepertinya dari kota-kota lain berkumpul untuk sama-sama bersujud dan mengagungkan Allah. Perkiraan waktu itu jamaah yang shalat malam di masjid agung adalah sekitar 30 ribu orang. Banyak sekali sampai tumpah-tumpah jamaahnya. Ada perasaan gembira melihat hal ini, melihat umat bersatu dalam ibadah yang luar biasa yaitu shalat malam. Indah sekali. Waktu itu aku datang ke masjid agung malam ke-25, malam ganjil maklum lah aku dan teman-temanku semangat sekali mencari lailatul qadr(Semoga Allah membalas amal kebaikan kami). Kedatanganku lumayan telat karena aku tidak tau lokasi masjid agung dan harus menunggu jemputan temanku supaya bisa kesana. Tapi sayangnya penyebab terlambat adalah karena temanku tidak tahan dengan kantuknya sehingga memutuskan untuk tidur sebentar di kosku setelah itu barulah berangkat ke masjid. Baru sekitar pukul 12 kita berangkat ke Masjid Agung. 

Menurutku itu sesuatu yang baru, dan apalagi ya pengalaman berpindah-pindah dari satu masjid ke masjid yang lain itu juga sesuatu yang menarik sih. 
Untuk pelajaran banyak sekali, bahwasannya ramadhan ini mengajarkan untuk istiqamah melaksanakan ibadah entah itu wajib ataupun sunnah, serta pelajaran bahwa terlalu sayang sekali jika melewatkan shalat tarawih ketika bulan ramadhan. Iya, aku banyak sekali cancel tawaran Bukber. Bukan cancel sih lebih tepatnya emang nggak ada yang ngajak bukber aja hehe. Iya ada tawaran tapi biasanya aku datang ketika selesai shalat tarawih atau datang acara bukbernya tapi setelah itu pulang karena harus shalat. Pengen istiqamah sesuai rencana harus full ibadah selama ramadhan. Semoga amal ibadah aku dan kalian diterima Allah. Amin.

Bagaimana dengan kalian? Ada yang punya pengalaman saat ramadhan kemarin?    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar