Minggu, 06 Mei 2018

[Review Buku] Runtuhnya Imperium Turki Utsmani

Beberapa hari yang lalu mengunjungi pameran buku Islamic Book Fair Surabaya di DBL Arena. Banyak banget buku-buku tentang islam dijual dengan harga murah. Dan ini kesempatan buat beli banyak buku tapi sayangnya uang yang mau dibelanjakan sedikit sekali, maklum saja namanya juga mahasiswa. Dan aku tertuju pada buku yang sebenarnya juga disarankan oleh temanku yaitu Di Balik Runtuhnya Turki Utsmani ini.

Sebenarnya apa alasan aku beli buku ini? Karena berawal dari buku-buku felix siauw yang berjudul beyond the inspiration dan berlanjut dengan buku Muhammad Al-Fatih 1453. Dimana islam berjaya sekali dengan Khilafahnya. Dimana umat islam bersatu dalam satu komando besar. Dan umat islam berjaya, makmur, serta syariat islam ditegakkan dengan baik pada akhirnya hancur pada tahun 1924. Alasan aku beli buku ini karena aku ingin tahu, bagaimana umat islam ketika berjaya, sedangkan realita sekarang adalah umat islam seperti kehilangan gigi taringnya, terpecah belah, saling menyerang satu sama lain, serta pemikiran-pemikiran yang melemahkan umat islam saat ini. Bagaimana bisa imperium besar seperti Utsmani dihancurkan? Apa penyebabnya? Apa penyebab kehancuran di balik itu semua? Dan itu alasan kenapa aku beli buku ini. Karena pertanyaanku terjawab dalam buku ini. 

Sedih dan rasanya tersayat saat membaca buku ini, betapa tidak. Ada organisasi yang melemahkan Turki Utsmani dari dalam, menggerogoti dari dalam, serta pemuda-pemuda yang telah dicuci pemikirannya oleh Barat serta Negara lain yang juga menginginkan Turki Utsmani hancur. Mereka semua bersatu dan bergotong royong untuk menghancurkan Turki Utsmani ini. Dan diganti dengan Pemerintahan Sekuler(Pemerintahan yang harus dipisahkan dari Agama). Betapa perjuangan Sultan Abdul Hamid II sangat keras sekali untuk mempertahankan kekhalifahan yang walaupun pada akhirnya harus runtuh juga. Sedih sekali rasanya. Bisa kita lihat sekarang ini Palestina dijajah, Gaza, Ghouta, Suriah, Rohingya dan masih banyak lainnya. Dan umat islam di negara lain? Menutup mata akan hal ini. 

Di dalam buku ini semua terjawab secara runut dan dikemas dengan baik sehingga mudah dipahami oleh semua kalangan yang membaca buku ini. Jika kalian penasaran dengan Runtuhnya Turki Utsmani setelah sekian lama imperium ini berdiri. Bacalah, maka kalian akan menemukan jawabannya di Buku ini. Betapa kita sebagai umat muslim sekarang, walaupun tidak bisa membantu dengan tenaga atau berjuang melawan. Kita bisa membantu saudara-saudara kita di Gaza dengan Doa dan Harta kita. Semoga Allah melindungi umat islam. Percayalah umat islam akan bangkit lagi. Insha Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar